Skip to main content

Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami Dan Cepat

Cara mengeluarkan dahak secara alami dan cepat - Dahak adalah sejenis dahak yang diproduksi di paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Dahak akan sangat terlihat ketika seseorang benar-benar sakit atau memiliki kondisi kesehatan yang buruk. Lalu bagaimana cara mengeluarkan dahak dan mencegahnya datang kembali? Apa saja yang menyebabkan batu berdahak menyerang seseorang?

Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami Dan Cepat

Dahak pada awalnya adalah berbentuk lendir. Lendir ini membentuk lapisan pelindung di bagian-bagian tertentu dari tubuh, bahkan ketika seseorang baik-baik saja. Lendir membuat area di tubuh-tubuh tertentu tidak mengering dan membantu bertahan melawan virus dan bakteri. Untuk kalian yang ingin mengetahui cara mengeluarkan dahak secara alami dan cepat silahkan anda baca artikel cara mengeluarkan dahak secara alami dan cepat di bawah ini:


Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami Dan Cepat



Meskipun tubuh yang sehat memerlukan beberapa dahak, tapi terlalu banyak lendir juga menjadi hal yang sangat tidak nyaman. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara membuang dahak dan menyembuhkannya, ikuti ulasannya di bawah ini.


Penyebab Penyakit Batuk Berdahak

Ada beberapa hal penyebab yang membuat seseorang terserang batu berdahak di antaranya adalah:

1. Batuk kronis

Batuk yang bisa dikatakan normal adalah batuk yang membantu membersihkan iritasi dan sekresi dari paru-paru Anda dan mencegah infeksi. Namun, batuk yang berlangsung selama berminggu-minggu biasanya merupakan hasil dari masalah medis. Batuk kronis adalah batuk yang berlangsung selama delapan minggu atau lebih pada orang dewasa, atau empat minggu pada anak-anak.

Batuk kronis lebih dari sekadar gangguan. Batuk kronis dapat mengganggu tidur Anda dan membuat Anda merasa lelah. Kasus batuk kronis yang berat dapat menyebabkan muntah, kepala terasa ringan dan bahkan patah tulang rusuk. Meskipun terkadang sulit untuk menentukan masalah yang memicu batuk kronis ini, penyebab paling umum terjadi adalah penggunaan tembakau seperti rokok dan produk tembakau lainnya dan untungnya, batuk kronis biasanya hilang setelah masalah yang mendasarinya bisa diobati.

2. Alergi

3. Penyakit paru-paru

Jenis penyakit paru-paru yang bisa menyebabkan dahak adalah pneumonia, kanker paru-paru, cystic fibrosis, atau penyakit paru obstruktif kronik.

4. Postnasal menetes


Ketika hidung atau sinus Anda menghasilkan lendir yang berlebih, itu bisa menetes ke bagian bawah tenggorokan Anda dan memicu batuk Anda. Kondisi ini juga disebut sindrom batuk saluran napas bagian atas (UACS).

5. Asma

Batuk terkait asma dapat datang dan pergi sesuai. Nah, dahak ini muncul setelah infeksi saluran pernapasan atas, atau menjadi lebih buruk ketika Anda terkena udara dingin atau bahan kimia atau wewangian tertentu. Pada salah satu jenis asma, dahak adalah gejala utama.

6. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

Dalam kondisi umum ini, GERD adalah bagaimana asam lambung mengalir kembali ke tabung dan menghubungkan perut dan tenggorokan (esofagus). Iritasi konstan dapat menyebabkan batuk kronis. Batuk, pada gilirannya, memperburuk GERD dan membuat dahak.

7. Infeksi

Batuk dapat bertahan lama setelah gejala pneumonia, flu, pilek atau infeksi lain pada saluran pernapasan bagian atas telah hilang. Penyebab batuk kronis pada orang dewasa yang belum diketahui adalah pertussis, juga dikenal sebagai batuk rejan.

8. Obat tekanan darah


Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor, yang umumnya diresepkan untuk tekanan darah tinggi dan gagal jantung, diketahui menyebabkan batuk berdahak pada beberapa orang.

9. Bronkitis kronis


Peradangan jangka panjang dari saluran pernapasan utama Anda dapat menyebabkan batuk yang mengeluarkan dahak berwarna. Kebanyakan orang yang mengidap penyakit bronkitis kronis adalah perokok aktif atau mantan pecandu. Bronkitis kronis biasanya merupakan bagian dari spektrum penyakit paru-paru karena merokok yang disebut penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Emphysema juga tergabung dalam istilah ini, dan bronkitis kronis dan emfisema sering hidup berdampingan dengan perokok.

10. Laryngopharyngeal reflux

Asam lambung yang mengalir ke tenggorokan.

11. Bronkitis eosinofilik nonastatic

Peradangan saluran napas tidak disebabkan oleh asma

12. Sarkoidosis

Kumpulan  sel inflamasi di berbagai bagian tubuh Anda dan paling sering terjadi di paru-paru.


Gejala Batu Berdahak


Batuk kronis atau dahak dapat terjadi dengan tanda dan gejala lain, yaitu :

1. Hidung berair atau tersumbat

2. Perasaan cairan mengalir di belakang tenggorokan Anda (postnasal drip)

3. Sering merasakan sakit di tenggorokan

4. Suara serak

5. Desah dan napas pendek

6. Rasa  asam di mulut Anda

7. Dalam kasus yang jarang terjadi, namun salah satu yang juga menjadi gejala batuk berdahak adalah mengeluarkan darah.


Faktor Risiko Orang Bisa Mengalami Batuk Dahak


1. Menjadi perokok saat ini atau mantan adalah salah satu faktor risiko utama untuk terkena batuk kronis. Sering terpapar asap rokok juga dapat menyebabkan batuk dan kerusakan paru-paru.



2. Wanita cenderung memiliki refleks batuk yang lebih sensitif, jadi mereka lebih mungkin terkena batuk kronis daripada pria.


Komplikasi Batuk Kronis


Memiliki batuk berdahak terus-menerus bisa melelahkan dan tentu saja sangat menyakitkan. Batuk dapat mengganggu tidur Anda dan menyebabkan berbagai masalah lain, termasuk:



1. Sakit kepala



2. Pusing



3. Keringat berlebih



4. Kehilangan kontrol kandung kemih (inkontinensia urin)



5. Tulang rusuk patah



6. Pass out (sinkop)


Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi


Mengambil tindakan berikut ini dapat membantu menghilangkan dahak :

1. Madu

Madu adalah obat yang memiliki sifat antiviral dan antibakteri. Efek madu pada infeksi saluran pernapasan atas pada anak-anak sangat efektif untuk menyembuhkan dahak. Anda bisa mengkonsumsi 1 sendok makan madu setiap 3 hingga 4 jam, sampai gejalanya mereda. Namun, madu tidak cocok untuk bayi di bawah usia 12 bulan.

2.  Minyak esensial

Beberapa minyak esensial dapat meringankan pernapasan dan ampuh sebagai cara mengeluarkan dahak  di dada. Minyak esensial juga dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan. Minyak esensial yang bisa Anda gunakan untuk metode pengobatan Anda adalah bermanfaat :

1. kemangi

2. kulit kayu manis

3. eucalyptus

4. serai

5. permen

6. Rosemary

7. pohon teh

8. Oregano

Jika Anda menggunakan minyak esensial untuk pertama kalinya, Anda harus menguji iritasi kulit. Oleskan sedikit minyak ke bagian kulit di lengan. Jika tidak ada reaksi yang terjadi setelah 24 jam, minyak dapat digunakan sebagai metode pengobatan. Anda bisa meminumnya atau mengoleskannya ke dada.

3. Minyak Atsiri

Minyak atsiri dapat dihirup langsung dari botol dan bisa digunakan dalam diffuser, atau ditambahkan ke air panas. Minyak atsiri juga dapat dioleskan ke dada Anda. Caranya adalah campurkan seperempat cangkir minyak kelapa dengan 12 tetes satu atau lebih minyak esensial yang tada dalam ramuan sebelumnya. Oleskan ke dada, tetapi jangan pernah pada kulit yang rusak atau teriritasi.

Minyak atsiri dapat membantu menghilangkan lendir, iritasi dan infeksi. Anda juga harus akan merasakan pengurangan peradangan, rasa sakit dan lendir setelah berkumur.

4. Elderberry Hitam

Obat herbal ini sering digunakan untuk menenangkan dan mengecilkan selaput lendir yang bengkak. Elderberry juga mampu meredakan hidung tersumbat dan melawan infeksi yang dapat menyebabkan bronkitis dan sinusitis.

Ya, buah Elderberry memiliki kualitas anti-inflamasi dan antioksidan dan bahkan dapat mengurangi gejala flu. Anda juga sudah bisa menemukan ekstrak buah Elderberry hitam  dalam bentuk cair atau kapsul.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel ternyata mampu mengeluarkan dahak dari dalam tenggorokan. Banyak para ahli kesehatan yang mengatakan bahwa cuka sari apel adalah cara mengeluarkan dahak paling efektif. Cuka sari apel  memecah dahak di tubuh dan meredakan sinusitis kronis dan gejala alergi. Cuka sari apel juga kaya akan potassium dan mampu mengobati hidung meler.

Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke segelas air minum hangat. Minum ramuan tersebut hingga 3 kali sehari sampai batuk berdahak Anda perlahan mereda.

6. Akar Manis atau licorice

Akar Manis atau licorice sangat efektif untuk menghilangkan dahak karena kandungan dalam akar manis bisa mengurangi kemacetan di tenggorokan dengan membantu melonggarkan saluran udara sehingga dahak dapat dikeluarkan dari tubuh. Akar manis juga bisa melawan virus yang menyebabkan kelebihan lendir di saluran pernapasan. Untuk mengobati pilek dan flu, akar manis dapat dikombinasikan dengan ramuan herbal seperti jahe.

7. Menjaga udara tetap lembap.

Udara kering dapat mengiritasi hidung dan tenggorokan dan menyebabkan lebih banyak lendir terbentuk sebagai dahak. Menempatkan humidifier atau alat pendingin ruangan kabut di kamar tidur dapat membuat tidur Anda menjadi lebih baik. Humadifier juga bisa menjaga hidung tetap bersih dan mencegah sakit tenggorokan.

8. Minum banyak cairan

Tubuh harus tetap terhidrasi agar dahak semakin tipis dan bisa dikeluarkan. Ketika seseorang sakit flu, meminum cairan tambahan bisa mengencerkan dahak dan membantu menguras sinus. Orang-orang dengan alergi musiman juga dapat menemukan bahwa tetap terhidrasi membantu mereka untuk bisa mengelurakan dahak.

9. Mengompres

Mengompres wajah dan tenggorokan dengan air hangat atau dingin bisa menjadi obat yang menenangkan untuk sakit kepala dan gejala lain dari dahak. Menghirup udara dari kompres yang basah adalah cara cepat untuk mengembalikan kelembapan ke hidung dan tenggorokan. Panas akan membantu menghilangkan rasa sakit dan tekanan.

10. Menjaga kepala tetap tinggi

Ketika batuk berdahak sangat mengganggu Anda dan menyebabkan tidak bisa tidur, menjaga kepala Anda tetap tinggi mungkin membantu untuk tidur lelap. Anda perlu menyandarkan kepala Anda pada beberapa bantal sampai kepala Anda dalam posisi tinggi tapi juga nyaman.

Jika Anda hanya berbaring secara datar, maka hal itu membuat Anda sangat tidak nyaman, karena mungkin terasa seolah-olah dahak mengumpul di bagian belakang tenggorokan.

11. Tidak menekan batuk

Mungkin Anda tergoda untuk menggunakan penekan saat mengalami batuk terus menrus yang dipenuhi ingar dan berdahak. Namun, batuk adalah cara tubuh menyimpan sekresi dari paru-paru dan tenggorokan. Gunakan sirup obat batuk sebagai solusinya.

12. Meludah

Meludah dengan pelan-pelan dapat menyingkirkan dahak. Ketika dahak naik dari paru-paru ke tenggorokan, tubuh kemungkinan mencoba untuk mengeluarkannya maka ludahkan dahak tersebut daripada menelannya..

13. Menggunakan semprot atau irrigatore

Semprotan salin atau irrigator dapat membersihkan dahak dan alergen dari hidung dan sinus. Carilah semprotan steril yang hanya mengandung natrium klorida, dan pastikan untuk menggunakan air steril ketika mengairi.

14. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan dapat membantu membersihkan sisa dahak. Campurkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur beberapa kali sehari.

15. Menggunakan eucalyptus.

Produk Eucalyptus telah digunakan untuk meredakan batuk dan mengurangi dahak selama bertahun-tahun. Eucalyptus biasanya diterapkan langsung ke dada. Beberapa tetes minyak kayu putih juga bisa ditambahkan ke diffuser atau mandi air hangat juga bisa membantu membersihkan hidung.


Cara untuk Mencegah Datangnya Dahak

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya dahak di antaranya adalah :

1. Tidak merokok dan menghindari asap rokok.

Perokok  pasif menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dahak. Berhentilah untuk merokok sesegera mungkin.

2. Meminimalkan penggunaan dekongestan.

Banyak orang menggunakan yang menggunakan dekongestan karena bisa mengeringkan sekresi dan dapat meringankan hidung meler. Namun  decongestan mungkin membuat Anda lebih sulit untuk menghilangkan dahak.

3. Menghindari iritasi

Bahan kimia, wewangian, dan polusi dapat mengiritasi hidung, tenggorokan, dan saluran pernapasan lainnya. Bahan-bahan kimia dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dahak.

4.  Menghindari alkohol dan kafein.

Kedua zat tersebut menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi secara berlebihan. Ketika dahak menjadi masalah, minumlah yang hangat-hangat dan non-berkafein.

5. Mandi air panas

Menghabiskan waktu di kamar mandi yang dipenuhi uap akan membantu melonggarkan dan membersihkan dahak di hidung dan tenggorokan. Membiarkan air panas berdenyut di wajah juga dapat membawa bantuan dari tekanan sinus.

6. Meniup hidung dengan lembut.

Mungkin Anda tergoda untuk terus meniup hidung sampai dahak tebal keluar. Namun, melakukannya terlalu kuat dapat melukai sinus, yang menyebabkan rasa sakit, tekanan, dan mungkin infeksi.

7. Mengambil obat yang tepat

Obat-obatan yang dikenal sebagai ekspektoran dapat membantu mengencerkan dahak dan membuatnya lebih mudah keluar. Namun, periksa ke dokter untuk memastikan bahwa obat-obatan ini tidak juga mengandung dekongestan.

8.  Makan banyak buah

Cobalah untuk diet kaya serat dari buah atau kedelai. Buah dapat mengobati masalah pernapasan terkait dengan dahak.

9. Melacak reaksi makanan

Beberapa makanan dapat menyebabkan reaksi yang menyerupai alergi musiman. Makanan dapat menyebabkan hidung mengalir dan tenggorokan gatal sehingga menyebabkan dahak berlebih. Catat makanan apa pun yang memicu peningkatan dahak.


Makanan Penghasil Dahak


Ada makanan tertentu yang ketika dimakan, dapat menyebabkan tubuh manusia menghasilkan lebih banyak dahak daripada biasanya. Bahkan ada yang sampai mengentalkan dahak dan menyebabkan risiko yang lebih fatal. Oleh karena itu, menghindari makanan ini dapat membantu meringankan masalah dahak kronis.

Berikut ini adalah 21 makanan penghasil dahak yang perlu Anda hindari, di antaranya :

1. Daging merah

2. Susu

3. Keju

4. Yogurt

5. Es krim

6. Mentega

7. Telur

8. Roti

9. Semacam spageti

10. Sereal

11. Pisang

12. Kubis

13. Kentang

14. Jagung dan produk jagung

15. Produk kedelai

16. Makanan manis

17. Permen

18. Kopi

19. Teh

20. Soda

21. Minuman beralkohol

Jadi apa yang tersisa untuk dimakan? Meskipun sepertinya Anda tidak dapat makan apa pun karena semua kelompok makanan utama ternyata menghasilkan dahak, sebenarnya ada beberapa makanan yang tersisa yang memiliki kemampuan untuk mengurangi produksi dahak Anda, di antaranya:

1. Ikan salmon

2. tuna

3. Sarden

4. Menggelepar

5. Labu

6. Biji labu

7. Jeruk bali

8. nanas

9. Selada air

10. Seledri

11. Acar

12. Bawang

13. Bawang putih

14. Madu atau agar

15. Jahe

16. lemon

17. cabe rawit

18. Kamomil

19. Minyak zaitun

20. Kaldu

21. Teh tanpa kafein


Penutup


Demikianlah artikel kali ini semoga teman teman semua dapat mengambil pelajaran dari penjelasan saya tentang cara menghilangkan dahak secara alami dan cepat dan selamat belajar.

Oldest Post